Sunday, June 7, 2009

tugas tugas "hardware dan software

TREND PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI


1. Hardware
Hardware adalah komponen perangkat keras,dan yang digunakan anatara lain adalah:

 Komputer (CPU, Memory)
Komputer menjadi hal yang sangat penting untuk sekarang ini, karena digunakan sebagai alat untuk mempermudah menyimpan, membuat, memproses dan memperoleh data. Dan CPU merupakan tempat memproses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut dengan register.


 Pesawat telepon
Kemajuan teknologi membuat telepon saat ini menjadi kebutuhan yang tidak kalah pentingnya untuk memperoleh suatu informasi dimanapun kita berada. Apalagi dengan menggunakan telepon genggam (handphone) kita juga sudah bisa mengakses internet melalui aplikasi yang disediakan dalam handphone tersebut untuk mencari informasi yang kita inginkan dimanapun kita berada selama dalam jangkauan sinyal yang bagus.

 Media Penyimpanan atau Memory
Media penyimpanan berkembang sangat cepat dari harddisk hingga flashdisk,saat ini flashdisk tersedia dalam berbagai bentuk, model, dan warna yang dapat dipilih sesuai kesukan pengguna. Seperti flash yang berbentuk jam tangan,flash yang berbentuk gelang,dll. Kapasitasnya pun semakin besar dari floppy disk yang berkapasitas 1,44 Mb hingga sekarang flashdisk yang sudah memiliki kapasitas puluhan Gb,dan dari harddisk yang berkapasitas puluhan Mb hingga yang terbaru harddisk yang sudah mencapai kapasitas Tb(tera byte).


2. Software Operating System (Software Sistem Operasi)
Software berfungsi untuk mengelola dan mendukung operasi sistem komputer dan jaringan.

 Beberapa program Untuk Manajemen Sistem:
 Sistem Operasi
 Program Pengelola Jaringan
 DBMS (Database Management System)
 Sistem Utilitis
 Monitoring unjuk kerja sistem
 Monitoring Keamanan

 Program untuk Pengembangan Sistem :
 Bahasa program translator (compiler)
 Pemrograman Editor dan tools
 Paket CASE (Computer Aided Software Engineering)




Tujuan Sistem Operasi:
 Melaksanakan program pengguna dan memudahkan dalam menyelesaikan masalahnya.
 Membuat sistem komputer menjadi mudah untuk digunakan.
 Menjadikan penggunaan hardware komputer menjadi lebih efisien.


Klasifikasi Sistem Operasi:
 Berdasarkan skala arsitekturnya (bit), sistem operasi berskala 8bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Sekarang yang banyak digunakan adalah 32 dan 64 bit.

 Klasifikasi sistem operasi berdasarkan End-User Interface:
 Command Driven: seluruh perintah pada sistem operasi diketikkan pada prompt (perintah atau dieksekusi melalui script file (misal: DOS, UNIX, atau XENIX)
 Graphical User Interface (GUI): pengguna akhir menggunakan mouse (Misalnya: SO Windows, IBM OS/2, MAC-OS, LINUX)


 Klasifikasi sistem operasi berdasarkan penggunaan:
 Single User Single Tasking. Sistem Operasi yang hanya mampu untuk melayani satu pengguna sekali waktu untuk satu instrusi dalam suatu siklus proses (Misal: MS-Dos)
 Single User Multi Tasking. Sistem Operasi yang hanya mampu untuk melayani satu pengguna sekali waktu dan mampu untuk mengeksekusi berupa instrusi dalam satu waktu siklus proses (Misal: Windows 95, IBM OS/2, MAC OS)
 Multi User Multi Tasking. Sistem Operasi yang mampu untuk melayani beberapa pengguna seklaigus dalam satu waktu dan juga mampu untuk menjalankan beberapa instruksi sekaligus dalam suatu siklus proses.

 Klasifikasi Sistem operasi berdasarkan pangsa pasar
 SO server/network, seperti Windows NT Server, Windows XP.
 SO desktop, seperti Windows 95/Windows NT Worktstation, Windows XP, LINUX, OS/2 Wrap, MacOS, Java
 Sistem Operasi Handheld, seperti Windows CE, GEOS, Magic Cap.

3. Software Aplikasi
Software aplikasi adalah software yang berfungsi memproses perintah yang dilakukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu. Software Aplikasi digunakan untuk melakukan tugas mengolah Informasi untuk end-user. Perkembangan software aplikasi saat ini sangat cepat.Dari hal yang berhubungan dengan foto sampai kamus. Untuk mendapatkan software aplikasi samngat mudah. Bisa didownload dari internet ataupun beli atau juga pinjam di rental. Di internet bahkan disediakan free download. Updaate software aplikasi pun sangat cepat, tidak sampai 1 tahun telah muncul sotware aplikasi terbaru.Aplikasi terbaru akan semakin memudahkan pengguna. Salah satu contohnya adalah Photoshop. Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS, versi sembilan disebut Photoshop CS2 dan Adobe Photoshop CS3 (Creative Suite).Dan terakhir adalah Adobe Photoshop CS4.Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOv.


Software aplikasi terdiri dari:
1. Bahasa pemrograman
2. Program Aplikasi
3. Program Paket
4. Program Utility
5. Games dan entertainment

Program Aplikasi untuk Tujuan Umum:
 Software Suites
 Web Browser
 Electronic Mail
 Pengolah Kata
 Lembar Kerja
 Database Managers
 Presentasi Grafis
 Personal Information Manager
 GroupWare


4. Teknologi Basis Data
Sistem manajemen basis data adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengelola dan mengendalikan pengaksesan basis data.
Fungsi sistem manajemen basis data adalah menyediakan lingkungan yang nyaman dan efisien untuk penyimpanan dan pengambilan data dari basis data. Pengelolaan manajemen basis data membutuhkan suatu perangkat / tools untuk dapat mengelolanya, sehingga manajemen basis data dapat terus dikelola dan terus ditingkatkan kinerjanya.
Performance tuning merupakan suatu usaha ataupun cara untuk memperbaiki kinerja yang sudah umum bagi perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang diharapkan dapat menjaga kestabilan pada suatu sistem yang ada.
Hadirnya OEM (Oracle Enterprise Manager) dari produk Oracle Corp sangat membantu pekerjaan seorang DBA (Database Administrator) pada suatu perusahaan, untuk mengelola suatu manajemen basis data, terutama untuk suatu sistem informasi yang berskala besar. Sebelum ditemukannya DBMS (database manajemen system),kebanyakan dari perusahaan – perusahaan menyimpan data – data karyawan,data – data penjualan,dll dalam bentuk arsip – arsip yang disimpan didalam lemari.oleh sebab itu perusahaan memakan waktu yang banyak untuk menemukan data yang diperlukan. Setelah ditemukan sebuah software database (Microsoft accses) yang memungkinkan penghematan waktu,tempat, dan tenaga kerja.yang dulunya data – data disimpan didalam map - map sekarang hanya berbentuk dalam sebuah file. Yang dulunya disimpan didalam lemari – lemari besar sekarang hanya disimpan didalam folder – folder.



5. Teknologi Jaringan Telekomunikasi hampir di setiap perusahaan besar terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perusahaan tersebut.sebagai salah satu alat jaringan telekomunikasi Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.

Jenis-Jenis jaringan: Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
 Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan (network) disebut workstation. Kemampuan workstation di bawah file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel sebagai alat menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

 Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan,
Sebuah MAN mempunyai area lebih besar dari LAN,misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, contohnya: jaringan perusahaan yang dimana beberapa kantor cabang perusahaan tersebut di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. (perusahaan mobil toyota yang ada di seluruh wilayah Bali atau Surabaya.)

 Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut seperti contohnya keseluruhan jaringan BANK swasta yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Jakarta bisa berinteraksi dengan kantor cabangnya yang ada di Kanada, hanya dalam beberapa menit. jaringan WAN memang lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan dengan jaringan yang lainnya, karena jaringan ini menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet.
sebetulnya antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya yang berbeda.








6. Software Sistem Lainnya (Software Open Source)
Open source, adalah sebuah software yang mengijinkan untuk melihat dan memodifikasi source code nya, tidak seperti proprietary software seperti yang dibuat Microsoft. Namun apakah trend global ini akan terus berlanjut?
Jawabannya tergantung pada beberapa faktor yang merintangi penyebaran gerakan open source ini.
Salah satu rintangannya pada awal pengembangan teknologinya yang lebih banyak berorientasi pada server daripada aplikasi desktop, selain itu adanya oposisi yang dilakukan oleh Microsoft yang menempatkannya sebagai perusahaan yang paling terpukul jika pemerintahan beramai-ramai beralih ke produk open source.
Saat ini produk open source yang paling terkenal adalah Linux yang mana pada acara LinuxWord baru-baru ini di California terus-menerus mempromiskan Linux dan terus melakukan pengembangsan produk. Dan makin banyak pembuat software yang mempatenkan idenya sebagai software open source dan membuat persaingan makin seru.
Beberapa tahun belakangan, “U.N. World Summit on the Information Society” (WSIS) menjadi event yang paling diperhatikan oleh negara-negara berkembang. Dari deklarasi WSIS terlihat tawaran-tawaran solusi software open source untuk negara-negara berkembang. Dan isunya sudah mencapai ke agenda pemerintahan multilateral yang mana sebagian besar memiliki persepsi yang sama bahwa software open source lebih murah dan lebih mudah daripada produk proprietary.










Sumber
- http://www.republika.co.id/berita/17904/Google_Luncurkan_Aplikasi_Pencari_Data_Perusahaan
- http://aleksandria.blog.friendster.com/2008/03/perkembangan-hardware-device-inputoutput-network/
- http://danielsns.wordpress.com/2009/01/18/sejarah-singkat-os-linux/
- mti.ugm.ac.id/~adji/courses/resources/projects/Busino/Ayok/Busino_Akhir.ppt -
- http://avm-indonesia.com/files/0028.pdf
- http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/parlin-mobile.pdf
- bebas.vlsm.org/v09/onno-ind-1/network/ppt-teknologi-jaringan-komputer-02-1999.ppt –
- www.mikroskil.ac.id/~poiwong/Basdat/Sesi_2_Pemodelan_Data.ppt –

No comments:

Post a Comment