Sunday, January 24, 2010

“IDAMAN ADALAH PILIHAN”


Idaman?? Kata kata yang berarti dimpikan atau dicita-citakan dan merupakan sebuah pilihan oleh seseorang..sama halnya dengan saya yang mencoba ikut dalam Lomba Blog UII yang bertema mendefinisikan “perguruan Tinggi Idaman”.
Menurut saya sendiri yang statusnya sedah menjadi mahasiswa di Universitas Islam Indonesia, merasa bahwa perguruan tinggi idaman adalah sebuah pilihan yang terbentuk dari opini publik mengenai presatasi perguruan tinggi tersebut.
Tentunya kenapa opini publik itu terbentuk adalah karena apa yang ada di dalam perguruan tinggi tersebut. Mulai dari lokasi perguruan tinggi, fasilitas yang ada di dalamnya, jurusan apa saja yang ada di dalam universitas tersebut , akreditasi tiap jurusan yang ada, sampai kprofesionalan dalam segala hal oleh orang orang yang ada di dalamnya mulai dari pihak rektorat, fakultas, pegawai pegawai universitas juga yang menyangkut dalam hal keamanan, dosen dosen yang mengajar, juga kelembagaan dan ukm ukm yang ada. Ini semua adalah bagian dalam visi dan misi sebuah perguruan tinggi yang dimana bila visi dan misinya berjalan akan menjadi perguruan tinggi terbaik.
Lokasi perguruan tinggi tersebut haruslah gampang dicari dan mudah dalam hal transportasi , strategis lebih tepatnya dalam hal lokasi. Agar memudahkan dalam segala hal juga tentunya. Dan adanya petunjuk jalan yang mengaragkan ke lokasi universitas.
Kemudian fasilitas pendukung apa saja yang ada di dalamnya mulai dari ruang kelas yang harus nyaman untuk belajar..kondisi ruangan yang sejuk..penerangan yang cukup..kemudian papan pengumuman yang sangat penting untuk mahasiswa mengetahui pengumuman pengumuman dari pihak kampus. Juga untuk olahraga, di Universitas Islam Indonesia ini misalnya adanya gedung olahraga yang layak dan aktif digunakan para mahasiswanya untuk berolahraga, lapangan sepak bola yang bisa digunakan untuk bermain sepak bola tentunya, lapangan tenis dan juga lapangan basket. Namun sayang terkadang penggunaan fasilitas ini masih kurang digunakan oleh banyak mahasiswa karena perawatan yang kurang untuk sebuah fasilitas juga menentukan kelayakan penggunaan dan kenyamanannya. Lalu fasilitas pengaksesan internet yang tidak dikenakan biaya oleh pihak universitas, ini sangat membantu mahasiswa dalam memperoleh ilmu yang tidak hanya dari mata kuliah di dalam kelas saja, internet lebih dari sekedar jendela dunia, tapi yang masih perlu dikembangkan adalah kecepatan dalam mengakses internet itu sendiri,terkadang pengaksesan internet di wilayah universitas masih sangat lamban.
Jurusan apa saja dan soal akreditasinya yang ada di universitas juga dapat memberi bantuan untuk para calon mahasiswa menentukan perguruan tinggi idamannya.
Keprefosionalan dalam hal segala hal dan segala bagian dalam universitas, menurut saya apabila keprofesionalisan dijunjung tinggi maka akan semakin dekat dengan julukan perguruan tinggi terbaik “dalam hal ini Nabi sang sosok idaman mencontohkan keprofesionalannya dalam sifat sifat shiddiq, fathonah, istiqomah, amanah dan tablig”.
Apabila seluruh elemen dalam sebuah universitas menerapkannya insyaallah akan menjadi sebuah panutan juga bagi universitas lainnya yang secara tidak langsung bersaing menciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia dan berpikiran cerdas serta mampu menyelesaikan persoalan yang ada demi kemajuan bangsa kita.
Juga keterkaitan kelembagaan mahasiswa yang selalu memberikan masukan bagi universitas dan mengembangkan serta mengolah mahasiswa agar menjadi orang yang pandai dalam hal berorganisasi, berpikir kreatif, inovatif, dan mampu berbicara di depan orang banyak untuk membuktikan bahwa sebuah kelembagaan juga berperan dalam menciptakan predikat perguruan tinggi terbaik.
Ukm ukm yang mendukung mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan hobynya sehingga nama universitas juga akan semakin dikenal khalayak ramai diluar sana.
Selebihnya adalah pengembangan dari ini semua demi menciptakan perguruan tinggi yang bisa memberikan rasa puas,nyaman,aman dalam segala hal yang dicita-citakan oleh mahasiswa yang menuntut ilmu di perguruan tinggi itu.
Kurang lebih itulah yang bisa saya definisikan dari apa yang saya rasakan dan apa yang saya ketahui mengenai definisi perguruan tinggi  idaman. Karena mendefinisikan kata idaman adalah buah pikiran dari tiap tiap individu yang mampu menggunakan otaknya untuk menentukan apa yang terbaik bagi dirinya.
“Semakin perguruan tinggi itu menjadi idaman banyak orang semakin besar introspeksi yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan mutunya”

1 comment:

  1. “Semakin perguruan tinggi itu menjadi idaman banyak orang semakin besar introspeksi yang harus dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut untuk terus mengembangkan dan meningkatkan mutunya”

    setuju gan! komentari perguruan tinggi idaman saya ya

    ReplyDelete